20 Des 2010

Ujian Akhir Semester : Manajemen Distribusi

Tanggal 4 Januari, bagi sebagian orang Manado (khususnya anak sekolahan) masih merupakan suasana liburan (tahun baru). Enaknya bersantai dirumah maupun di tempat liburan lainnya masih bisa mereka rasakan. Sedangkan kami, anak kuliahan harus menghadapi ujian akhir semester. hikz...hikz... sungguh berat memang, tapi tidak mengapa. Toh, dikampus bisa ketemu banyak teman. Berikut ini adalah salah satu tugas kuliah / ujian saya. Jadi yang gak berminat melihatnya, yah gak usah dibuka... gitu aja koq sepot!! 



Manajemen Distribusi
Ujian Akhir Semester
B4 Fekon Unsrat, Manado
Richard Rondonuwu
080612158


1. Apa yang dimaksu dengan Logistic?
jawab : Proses perencanaan, implementasi, dan pengendaliaan efisiensi, aliran biaya yang efektif dan penyimpanan dahan mentah, bahan setengah jadi, barang jadi dan informasi-informasi yang berhubungan, dari asal ke titik konsumsi dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen.

2. Jelaskan secara singkat perspektif distribusi saat ini!
jawab : Proses distribusi pada dasarnya menciptakan faedah (utility) waktu, tempat, dan pengalihan hak milik. Dalam menciptakan ketiga faedah tersebut, terdapat dua aspek penting yang terlibat didalamnya, yaitu :
a. Lembaga yang berfungsi sebagai saluran distribusi (Channel of distribution/marketing channel).
b. Aktivitas yang menyalurkan arus fisik barang (Physical distribution).

3. Apa yang dimaksud dengan supply chain dan perusahaan - perusahaan apa saja yang termasuk didalamnya?
jawab : sebuah sistem terkoordinasi yang terdiri atas organisasi, sumber daya manusia, aktivitas, informasi, dan sumber-sumber daya lainnya yang terlibat secara bersama-sama dalam memindahkan suatu produk atau jasa baik dalam bentuk fisik maupun virtual dari suatu pemasok kepada pelanggan
perusahan yang termasuk didalamnya pada umumnya terdiri dari manufaktur, penyedia layanan jasa, distributor, dan saluran penjualan (seperti: pedagang eceran, ecommerce, dan pelanggan (pengguna akhir).

4. Jelaskan secara singkat perbedaan Supply Chain dan Supply chain Manajemen!
jawab : SC (Supply Chain) adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerjasama untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir. Sedangkan SCM (Supply Chain Management) adalah metode, alat, atau pendekatan pengelolaannya.

5. Sebutkan dan Jelaskan secara singkat beberapa biaya yang menentukan profitabilitas model komponen persediaan!
jawab : 
- Biaya pengadaan : dibedakan atas 2 jenis berdasarkan asal-usul barang, yaitu
a.) Biaya pemesanan / pembelian (ordering cost / purchasing cost)
Biaya ini merupakan semua pengeluaran yang timbul untuk mendatangkan barang dari luar.
b.) Biaya Pembuatan (Setup Cost)
Biaya pembuatan adalah semua pengeluaran yang timbul dalam mempersiapkan produksi suatu barang.
- Biaya Penyimpanan : Biaya simpan adalah semua pengeluaran yang timbul akibat menyimpan persediaan.
- Biaya Kekurangan : Jika perusahaan kehabisan barang pada saat permintaan, maka keadaan ini akan menimbulkan kerugian karena proses produksi akan terganggu, kehilangan kesempatan mendapatkan keuntungan serta kehilangan konsumen pelanggan karena kecewa sehingga beralih ke tempat lain.

6. Sebut dan Jelaskan secara singkat fungsi - fungsi manajemen logistik!
jawab : - Fungsi Perencanaan dan Penentuan Kebutuhan
Fungsi perencanaan mencakup aktivitas dalam menetapkan sasaran-sasaran, pedoman-pedoman, pengukuran penyelenggaran bidang logistik.
- Fungsi Penganggaran
Penganggaran (budgeting) adalah semua kegiatan dan usaha untuk merumuskan perincian penentuan kebutuhan dalam suatu skala standar tertentu yaitu skala mata uang dan jumlah biaya dengan memperhatikan pengarahan dan pembatasan yang berlaku baginya.
- Fungsi pengadaan
Pengadaan ialah segala kegiatan dan usaha untuk menambah dan memenuhi kebutuhan barang dan jasa berdasarkan peraturan yang berlaku dengan menciptakan sesuatu yang tadinya tidak ada menjadi ada.
- Fungsi penyimpanan dan penyaluran
Penyimpanan merupakan suatu kegiatan dan usaha untuk melakukan pengurusan penyelenggaraan dan pengaturan barang persediaan didalam ruang penyimpanan. sedangkan Penyaluran merupakan suatu kegiatan dan usaha untuk melakukan pengurusan , penyelenggaraan dan pengaturan pemindahan barang dari suatu tempat ke tempat lain, yaitu dari tempat penyimpanan ke tempat pemakainya.
- Fungsi pemeliharaan
Fungsi pemeliharaan pada dasarnya merupakan kegiatan menambah umur peralatan, peningkatan efisiensi pada umumnya dan penghematan anggaran pada khususnya. Dibidang pemeliharaan, unsur bengkel mempunyai peranan penting, misalnya dalam lingkungan pemerintah tingkatan bengkel terdiri dari bengkel pusat, bengkel wilayah dan bengkel daerah/lapangan.
- Fungsi penghapusan
Penghapusan adalah kegiatan atau usaha pembebasan barang dari pertanggung-jawaban sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku
- Fungsi Pengendalian
Pengendalian adalah sistem pengawasan dari hasil laporan, penilaian, pemantauan dan pemeriksaan terhadap langkah-langkah manajemen logistik yang sedang atau telah berlangsung

7. Terdapat berbagai mode dan ciri - ciri transportasi, sebutkan dengan disertai produk yang akan dikirim!
jawab : 
- Motor
Motor merupakan alat angkut yang dominan sejak tahun 1960an yang bisa membawa lebih dari 75% produk, produk makanan, konveksi, dan rokok. Dibandingkan dengan alat angkut udara, motor efisien jika jarak tempuh kurang dari 1000mill digunakan alat angkut motor biasa.
- Rail/ kereta api
Transportasi kereta merupakan transportasi yang rendah biaya dibandingkan motor dan udara. Kereta api biasanya hanya ada di daerah metropolitan, dan di suatu daerah yang komunitasnya sedikit. Sehingga jalur/ jaringan kereta api tidak terlalu luas. Akan tetapi kereta api mengurangi bentuk dan fleksibilitas dibandingkan motor karena keterbatasan fasilitasnya.
- Jalur Udara
Transportasi udara merupakan transportasi yang berbiaya tinggi. Ketika suatu produk harus segera ditransfer ke suatu lokasi secara cepat, maka alat angkut udara mampu mengantarkannya dalam waktu yang singkat.
- Jalur Air
Terbagi dalam 4 kategori yaitu transportasi antarpulau misalnya di sungai dan bendungan, danau, pantai/ laut dan laut internasional.
- Jalur Pipa
alur pipa digunakan kurang lebih 19% dari seluruh alat angkut domestic/ lalulintas antar kota yang dapat menempuh puluhan mill. Jalur pipa bisa mengangkut produk-produk dalam jumlah terbatas, misalnya gas alam, minyak mentah, produk-produk minyak tanah, air, bahan kimia, dan produk slurry misalnya batubara. Batubara ini berbentuk bubuk, atau yang sudah terlarut dalam air, kemudian diangkut dengan jalur pipa.

8. Apa yang dimaksud dengan Network Planning menurut Sofwan Badri?
jawab : Network planning pada prinsipnya adalah hubungan ketergantungan antara bagian-bagian pekerjaan (variabel) yang digambarkan / divisualisasikan dalam diagram network”. Dengan demikian diketahui bagian-bagian pekerjaan mana yang harus didahulukan, bila perlu dilembur (tambah biaya), pekerjaan mana yang menunggu selesainya pekerjaan yang lain, pekerjaan mana yang tidak perlu tergesa-gesa sehingga alat dan tenaga dapat digeser ke tempat lain demi efesiensi.

9. Buatlah bentuk Network Planning dengan menggunakan keempat symbol tersebut!
jawab : 
Awal dari seluruh kegiatan adalah kegiatan 1 dan untuk menyelesaikan seluruh proyek maka setelah kegiatan 1 ada 3 kegiatan yang harus diselesaikan yaitu menyelesaikan kegiatan 2, 3 dan 4 kemudian melaksanakan kegiatan 5 dan 6.
ket : 
Arrow / anak panah : yang menyatakan aktivitas / kegiatan yaitu suatu kegiatan atau pekerjaan dimana penyelesaiannya membutuhkan durasi (jangka waktu tertentu) dan resources (tenaga, alat, material dan biaya).


Node / event : yang merupakan lingkaran bulat yang artinya saat peristiwa atau kejadian yaitu pertemuan dari permulaan dan akhir kegiatan

Dummy /anak panah terputus-putus : yang menyatakan kegiatan semu yaitu aktivitas yang tidak membutuhkan durasi dan resources.


Double arrow : dobel anak panah yang menunjukkan kegiatan di lintasan kritis (critical path)



10. Jelaskan secara singkat topik bahasan kelompok!
jawab :
kelompok 8
judul : Forecasting supply chain requirements (peramalan kebutuhan rantai pasokan)
Peramalan adalah prediksi, proyeksi atau estimasi tingkat kejadian yang tidak pasti di masa yang akan datang.
Karakteristik Peramalan yang baik sebaiknya memperhatikan ; keakuratan, biaya dan penyederhanaan.
Prediksi merupakan salah satu hal yang penting dalam perencanaan Produksi. Peramalan adalah tahap awal, dan hasil ramalan merupakan basis bagi seluruh tahapan pada perencanaan produksi.
Berdasarkan Metode yang digunakan, Peramalan terbagi atas dua teknik, yaitu;
Peramalan Kualitatif dan Kuantitatif
Jenis Peramalan dapat dibedakan berdasarkan jangka waktu, ruang lingkup dan metode yang digunakan

By Admin@TYrips with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...