4 Jun 2011

Film Konspirasi : Balibo 5

Kalian sudah pernah nonton film konspirasi: Balibo 5? Film yang mengambil setting di negara Timor Leste, Australia dan Indonesia ini mungkin masih asing ditelinga sebagian dari kita. Padahal film ini memiliki sangkut paut dengan negara kita. Mengapa hal itu terjadi? Film ini konon dilarang diputar di negara Indonesia karna plot dari film tersebut menceritakan tentang kisah Invasi Indonesia ke negara Timor Leste dan konspirasi besar dibalik kejadian tersebut.
Cukup lama tidak nulis lagi, sorry sekarang cuma mau review salah satu film yang pernah saya tonton. Film ini mungkin sudah banyak yang tahu, tapi bagi para pecinta Teori Konspirasi yang belum pernah nonton, film ini jadi referensi utama buat kalian tonton secepatnya. Inilah dia saya persembahkan...






Balibo 5 Story
Film yang disutradarai oleh salah satu aktor Hollywood terkenal, Robert Connoly ini dirilis pada tahun 2009. Cerita film ini dilihat melalui mata wartawan veteran Roger East . Dikenal sebagai koresponden asing yang sekarang bekerja Darwin. Sang jurnalis dipanggil ke Timor Timur oleh José Ramos-Horta , dari Front Revolusioner untuk Kemerdekaan Timor Leste , Awalnya menolak untuk terlibat. East mulai berubah pikiran setelah Horta menunjukkan kepadanya foto lima wartawan TV Australia yang hilang di kota perbatasan Balibo.

Kelima wartawan tersebut adalah Greg Shackleton , Gary Cunningham, Malcolm Rennie, Brian Peters dan Tony Stewart, yang meliput pergolakan yang terjadi di Timor Leste (Timor Timur pada saat itu). Setelah melihat hal tersebut, rasa keingintahuan Roger East akan kebenaran perlahan membara. Dengan sebuah keberanian dan kenekatan, sang wartawan senior "memaksa" untuk masuk kedaerah perbatasan Indonesia-Timor Leste yang saat itu tidak dalam keadaan kondusif. Dengan taruhan nyawa, East yang ditemani Ramos Horta dengan berjalan menyusuri hutan (kata - kata tersebut mengingatkan saya dengan film jaman dahulu, Wiro Sableng "212"), mereka menuju ke daerah Balibo. Dalam laporan terakhir dari salah satu crew wartawan, yaitu Shackleton dimana dia sedang duduk disebuah Desa dan masih bertanya - tanya apakah mereka masih bisa hidup pada keesokan harinya, dan juga yang terus menjanggal dipikirannya bahwa "Mengapa tidak satupun baik Australia maupun negara lainnya mau menolong mereka?".

Balibo memenangkan penghargaan Best Australian Film pada Australian Film Critics Association tahun 2009. Di Indonesia, film ini dilarang beredar oleh Lembaga Sensor Film. Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, menyatakan pelarangan ini bertujuan untuk menghindari "pandangan negatif dunia" terhadap Indonesia. ABRI mendukung pelarangan ini, menyatakan bahwa film ini dapat merusak hubungan Indonesia dengan Timor Leste dan Australia. ABRI juga menyatakan kembali pandangan resminya terhadap Balibo Five, bahwa jurnalis tersebut tertembak dalam baku tembak, bukan oleh tentara Indonesia.

Ini saya kasih free Download film Balibo 5 (lebih tepatnya, saya ambil dari Youtube sih... jadi mesti pake idm yah buat nyedotnya...)

Download File 1 Film Balibo5

Download File 2 Film Balibo5

Download File 3 Film Balibo5

Download File 4 Film Balibo5

Download File 5 Film Balibo5

Sekali lagi, ini 'hanyalah' sebuah film. Fact or Fiction? Terserah anda untuk menilainya setelah menonton film tersebut, yang pasti saya hanya ingin share aja. Peace!!

Oh iya, thanks to Wikipedia Balibo5, Balibo Official site dan Youtube

By Admin@TYrips with 8 comments

8 komentar:

Ada link downloadnya bro??? Saya belum pernah nonton film ini...

Maksud saya link download full.. Atau link download yang dibawah itu udah full ya mas???

ane belum pernah nonton.....

Patut d tonton nih film....

mantap juga nie sangat menarik nie gan pas saya nonto nya,poko nya sangat seru deh..........

menceritakann tentang apa schh babilo itu???

flmnya sama kayak rambo nya.,,,??v q lebih suka flm jack barrows,..the carrebian of black pearl,...

hemmm,,jadi pengen lihat film nya,,,paasti hebat banget apalagi sampai dilarang di indonesia,,pasti ad sesuatu yang disembunyikan,,,

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...